Selasa, 28 Desember 2010

Referensi Hardware


1. FLOPPY DISK DRIVE
            Floppy disk drive adalah alat untuk membaca atau menulis pada sebuah disket. Beberapa tahun lalu, masih banyak orang yang menggunakan floppy disk berukuran 5 1/4 inchi (disket besar), yang menyimpan data sebanyak 700 Kilobyte. Saat ini disket besar sudah digantikan dengan disket kecil yang berukuran (3 1/2 inchi) dengan kapasitas menyimpan data sebesar 1,4 Megabyte.

2.  SYSTEM MEMORY
         System memory adalah tempat dimana computer menempatkan instruksi dan data yang akan dipergunakan/proses.
           System  memory merupakan bagian penting proses dari personal komputer, yang berkaitan dengan kerja processor, cache dan motherboard.. kinerja, jumlah memory dan type memory terpasang berpengaruh terhadap keseluruhan performa/ kinerja computer, karena jika terjadi kekurangan memory dapat menurunkan  kinerja computer.
Macam-macam type memory
3.   RAM (Random-Access Memory) : memori untuk menyimpan informasi yang bersifat temporer yang digunakan oleh komputer pada suatu saat. Isi memori bisa dengan mudah ditulis dan dihapus.
4.   ROM (Read-Only Memory) : memori untuk menyimpan informasi secara permanen dan tidak bisa diubah karena hanya bisa dibaca saja. Namun demikian ada jenis ROM yang bisa ditulis dengan cara khusus.
5.   SDRAM (Synchronized DRAM): Pada SDRAM siklus akses memory disinkronkan dengan clock processor, dengan demikian mengurangi waktu tunggu antara processor dan memory.
6.DDR-SDRAM (Double Data Rate-Synchronized DRAM: Pada DDR-SDRAM,2 data transfer dapat dilakukan untuk tiap clock cycle computer.1 Mhz dapat diperoleh 2kali data
3.HARDDISK DRIVE (HDD)
Harddisk drive (HDD) merupakan Alat untuk tempat menyimpan data pada CPU. Jika hardisk dibuka, maka di dalamnya terlihat piringan logam sebagai tempat menulis data. Kecepatan putarannya bervariasi. Ada yang 5400 putaran per menit bahkan ada yang sampai 7200 putaran per menit.
Kemampuan sebuah hardisk biasanya ditentukan oleh banyaknya data yang bisa disimpan. Besarnya bervariasi, ada yang 1,2 Gigabyte (GB) hingga 80 GB. Satu GB sama dengan 1000 Megabyte, sedangkan 1 Megabyte sama dengan 1000 Kilobyte.
4. POWER SUPPLY
            Sebuah koktak yang merupakan tempat transformer,control voltase dan kipas pengontrol penyimpanan, dari jenis IDE,SCSI atau lainnya yng mengontrol harddisk, floppy disk, CD ROM dan drive lainnya, kontroler ini terletak di papan induk (atas papan)atau di kartu tambahan.
5.MOTHERBOARD
Motherboard atau disebut juga dengan Papan Induk berfungsi untuk tempat semua alat utama CPU yang telah disebutkan di atas. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik.
            Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar. Motherboard juga merupakan papan sirkuit utama pada personal computer dimana pada motherboard ditempatkan processor, memory dan expansion slot yang terhubung langsung maupun tak langsung ke setiap bagian dari personal computer.

6.CPU ( CENTRAL PROCESSING UNIT)
CPU berfungsi seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan ketik, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (RAM), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.




7.VGA (Video Graphic Adapter)
          VGA ( Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game, kita perlu VGA yang tinggi kekuatannya. Saat ini ada VGA dengan memori 16, 32 hingga 128 Megabyte. Jenisnya yang terkenal adalah GeForce buatan perusahaan Nvidia.
                Perangkat ini berguna untuk mengeluarkan suara. Kalau kita sedang mendengar musik ataupun bermain game, perangkat ini sangat bermanfaat. Suaranya bisa stereo, surround (berputar) bahkan suara 3 dimensi, sehingga kita seolah-olah berada ditempat kejadian. Tetapi perangkat ini kurang lengkap jika tidak ada speaker. Karena itu kita perlu menghubungkan speaker dengan soundcard yang telah terpasang dengan sebuah kabel yang disambung langsung ke soundcard Game.

2 komentar: