Senin, 28 November 2011

WinRar


     Jika kita hendak mengompres satu atau banyak file, ada berbagai macam program kompresi yang dapat digunakan, seperti: WinZip (www.winzip.com), WinAce (www.winace.com), WinRar (www.rarlab.com), UltimateZip (www.ultimatezip.com), 7-Zip (www.7-Zip.org).Tapi di antara kelima program kompresi tersebut ternyata hanya WinRar yang menawarkan kemampuan untuk mengompresi dengan mengenkripsi nama file. Artinya, setelah suatu file kompresi dengan eksistensi .rar terbentuk, misalkan kita ingin mengetahui nama file yang dikompres kita tidak akan bisa mengetahuinya kecuali kita bisa dengan benar memasukkan password untuk file .rar tersebut. Sedangkan padakeempat program tadi selain WinRarkita masih bisa mengetahui nama file yang dikompres pada file kompresi yang terbentuk. 


Untuk mengompres suatu file dengan WinRar sehingga nama file yang dikompres terenkripsi dengan baik adalah sebagai berikut:


 1. Anda sudah harus menginstal WinRar di komputer. File instalasinya bisa didownload di www.rarlab.com atau portal download seperti www.download.com.

2. Misalkan nama file yang ingin dikompres bernama D:\tes.jpg, maka dari jendela Explorer, klik kanan file D:\tes.
jpg. Kemudian sorot menu WinRar, lalu klik [Add toarchive...], maka akan tampil jendela WinRar.

3. Pada tab [General], klik [Browse] jika Anda ingin mengubah nama dan atau lokasi hasil file kompresi.

4. Sekarang Anda klik tab [Advanced], kemudian klik [Set password].

5. Silahkan Anda mengisi nama password pada kolom yang disediakan dan ketikkan password yang sama pada kolom konfirmasi, kemudian Anda klik pada kotak di sebelah kiri tulisan [Encrypt file names] sehingga pada kotak tersebut keluar tanda centang.

6. Klik [OK], lalu klik [OK] lagi, dan tunggu sampai WinRar menyelesaikan tugasnya. Untuk mengecek file kompresi yang terbentuk, silakan Anda mencoba dengan membukanya melalui WinRar. Anda akan mendapati bahwa jika Anda memasukkan password yang salah, file tadi tidak bisa dibuka sama sekali. Anda akan mendapati bahwa nama file yang dikompres tidak diketahui, dan ketika diekstrak tidak akan menghasilkan file output apapun.

Silakan Download >>>Disini<<<

Tidak ada komentar:

Posting Komentar